Tahapan Proses Produksi Saus Sambal

Tahapan Proses Produksi Saus Sambal

Bagikan ke

Tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan produk bernama saus sambal. “Cocolan” yang biasa dikonsumsi berbagai kalangan sambil menikmati snack, kentang goreng, ayam goreng, atau cemilan lain bahkan pelengkap hidangan makan sehari-hari. Biasanya juga saus sambal digemari para pecinta kuliner bakso ataupun mie, untuk campuran kuah di menu kesukaan masing-masing. Mungkin sebagian dari kita ingin mengetahui, seperti apa tahap proses produksi saus sambal.

Saus sambal dibuat untuk mempermudah konsumen menikmati sensasi pedas sambal dengan praktis dan cepat. Selain rasanya yang pedas dan menambah cita rasa makanan, akan lebih aman untuk kita karena dikemas dalam botol / kemasan tertutup, sehingga higienis dan aman untuk dikonsumsi.

Dalam proses pembuatan saus sambal yang baik, terdapat beberapa tahapan proses yang harus diperhatikan. Hal ini penting menjadi perhatian produsen maupun konsumen karena produk saus yang baik tercipta melalui proses-proses ini. 

Tahapan dari proses produksi saus sambal dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu; 

     1. Pemilihan bahan baku
     2. Persiapan bahan baku dan bahan penolong
     3. Pembuatan adonan pasta saus
     4. Pemasakan adonan pasta saus
     5. Pengisian saus ke dalam kemasan
     6. Pengemasan ke dalam box karton
     7. Penyimpanan produk akhir

Untuk masing-masing tahap tersebut sudah semestinya diterapkan kontrol akan standar proses yang harus dipenuhi sehingga tercipta produk saus yang aman, higienis, dan bermutu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *