Tips Memilih Produk Makanan Berkualitas

Bagikan ke

Produk makanan berkualitas memiliki ciri yang dapat dengan mudah untuk di ketahui, bagaimana tips untuk memilih produk yang Aman dan Sehat ?

Berikut adalah tips memilih makanan berkualitas :

1. Bentuk Kemasan

Produk makanan berkualitas terlihat dari kemasan (Packing), bahan baku yang di gunakan, kerapihan dan ciri secara kasat mata lainnya yang langsung dapat dilihat pada setiap bagian dari produk atau barang tersebut.

2. Kondisi Kemasan

Beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih kemasan adalah bahan kemasan yang mampu melindungi isi, bahan kemasan tidak berbau, bahan kemasan bersifat inert (tidak bereaksi dengan isi), kemasan terbuat dari bahan yang aman (food grade), sifat dan karakteristik bahan kemasan sesuai dengan produk yang dikemas. Saat membeli makanan kemasan pastikan juga untuk memilih makanan kemasan yang packagingnya tidak kembung, rusak ataupun bocor.

3. Lulus Uji BPOM

Saat memilih makanan, perhatikan label yang tertera di kemasan dengan baik. Lihat dengan seksama, makanan tersebut memiliki label sah dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau tidak. Lulus uji BPOM juga menjadi faktor penting saat membeli makanan kemasan, karena makanan yang sudah teruji oleh Badan POM sudah dipastikan kandungan nilai gizinya dan boleh dijual bebas secara legal.  Bagi yang beragama Islam, perlu dilihat pula ada atau tidaknya label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Adanya label tersebut berarti sudah lulus uji sehingga aman untuk dikonsumsi.

4. Cek Tanggal Kadaluwarsa

Cara memilih makanan kemasan sehat selanjutnya adalah memeriksa tanggal kadaluwarsanya. Pastikan saat membeli makanan kemasan yang ada tanggal kadaluarsanya. Jangan mudah terkecoh dengan diskon yang besar hingga membuat Anda mengabaikan tanggal kadaluwarsanya.

Untuk menentukan masa kadaluwarsa produk kemasan, biasanya ada dua jenis penulisan.

Pertama adalah “best before”, yang berarti makanan atau minuman masih aman dikonsumsi beberapa waktu setelah tanggal tercantum, meski kemungkinan kualitasnya sudah berbeda.

Kedua adalah tulisan “tanggal kadaluwarsa” yang berarti makanan tersebut sama sekali tidak boleh dikonsumsi setelah tanggal yang tercantum.

5. Komposisi Bahan Makanan

Mengamati kandungan gizi di dalam makanan penting bagi Anda guna mencegah kemungkinan risiko iritan dan alergi. Dalam tabel gizi kemasan, kita juga bisa melihat bahan pewarna apa yang digunakan, pemanis jenis apa yang ditambahkan, serta jenis pengawet apa yang membuat kemasan tahan lebih lama.

Nah, beberapa tips di atas dapat menjadi informasi untuk Anda agar semakin selektif lagi dalam memilih makanan berkualitas. Terima Kasih, semoga bermanfaat dan salam sehat bagi semua pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *