Tips Menyimpan Ikan, Agar Awet Lama Dan Terjaga Kesegarannya!!!

Bagikan ke

Halo Sahabat Sehat!

Semoga Kita Sehat Selalu…

Bagaimana apakah Sahabat Sehat sudah bisa memilih ikan yang segar?

Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara menyimpan ikan yang baik dan benar, sehingga bisa lebih awet dan terjaga kesegarannya.

Sebaiknya memang ikan segar yang kita beli langsung diolah dan atau dimasak. Namun jika tidak bisa diolah semuanya, maka ikan tersebut bisa kita simpan. Penyimpanan terbaik adalah dengan di tempatkan dalam suhu beku, sehingga ikan menjadi awet. Untuk skala rumah tangga ikan bisa disimpan di freezer lemari pendingin (kulkas).

Lalu, bagaimana cara penyimpanan ikan di dalam freezer, agar ikan tetap terjaga kesegarannya dan tidak mengurangi cita rasanya? Yuk, kita simak beberapa caranya berikut ini!

  • Memilih ikan berkualitas

Bisa dibaca kembali artikel kami sebelumnya yang berjudul “Ikan Segar Berkualitas, Berikut Adalah Ciri-Cirinya!!!!!”

  • Membersihkan dan mencuci ikan

Sebelum disimpan, ikan segar harus dibuang terlebih dahulu isi perut, insang, sisik, dan lendir. Isi perut dan insang merupakan bagian ikan yang mudah membusuk. Sedangkan untuk sisik dan lendir untuk mengurangi bau amis.

Kemudian cuci ikan yang telah dibersihkan dengan air bersih yang mengalir. Cuci sampai bersih dan tidak ada sisa kotoran yang menempel.

  • Marinasi ikan yang telah dicuci

Marinasi adalah proses pemberian bumbu dan dibiarkan selama kurang lebih 30 menit – 1 jam di suhu dingin agar bumbu meresap. Marinasi sederhana adalah dengan memberikan air garam dan atau perasan jeruk nipis untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan bau amis ikan. Selain itu marinasi ini akan membuat ikan jauh lebih awet karena jeruk nipis dan air garam adalah pengawet alami.

  • Menempatkan ikan yang telah dimarinasi ke dalam wadah tertutup.

Setelah selesai marinasi, kemudian tempatkan ikan ke dalam wadah tertutup. Hal ini untuk menjaga agar aroma amis ikan tidak akan mencemari bahan makanan lain yang berdekatan.

  • Simpan dalam suhu freezer

Selanjutnya ikan dalam wadah tertutup disimpan dalam freezer lemari es, yang memiliki kisaran suhu -10 C. Kesegaran ikan dapat terus terjaga. Ikan dapat disimpan dalam freezer dengan masa simpan sekitar 1-3 bulan. Pastikan suhu freezer tetap beku ya!

Tapi, harus ingat ya Sahabat Sehat! Jika ikan sudah dikeluarkan dari freezer dan sudah mencair karena diletakkan di suhu ruangan, ikan tersebut harus segera dikonsumsi! Karena proses pembusukan ikan akan berlanjut begitu dikeluarkan dari freezer.

 Nah, Sahabat Sehat, itu tadi tips-tips dalam menyimpan ikan yang baik dan benar.  Semoga bermanfaat!

Salam Sehat!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *