Perbedaan Sales dan Marketing

Bagikan ke

Artikel kali ini akan membahas tentang sales dan marketing, yang ternyata mepunyai definisi yang berbeda.

Sales  merupakan individu yang menawarkan suatu produk dalam  suatu  proses penjualan untuk mencapai suatu target penjualan.

Marketing adalah berbagai aktivitas perusahaan untuk menarik minat dan target konsumen pada produk yang mereka keluarkan. Marketing juga akan melakukan analisis pasar dan juga mengidentifikasi kebutuhan konsumen agar memudahkan sales saat terjun langsung dalam melakukan pemasaran produk.

Secara umum, perbedaan marketing dan sales dapat dilihat dari bidang tugasnya. Marketing merupakan bagian dari aktivitas bisnis yang fokus pada perencanaan produk, penetapan harga, promosi produk, dan pendistribusian produk untuk memuaskan konsumen.

Sementara itu, aktivitas sales hanya fokus pada penjualan produk. Tidak seperti marketing yang harus menjaga citra produk dan kepuasan konsumen, tugas sales hanya menawarkan produk agar konsumen tertarik untuk membeli dan target penjualan bisa tercapai.

Sales dan marketing harus selalu bekerja bersama sehingga dengan pengertian ini bisa memastikan aktivitas dan strategi untuk membangun pertumbuhan bisnis menjadi  lebih maju. Itulah perbedaan sales dan marketing yang perlu dipahami sebagai pengusaha. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembacanya, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *