Mengenal Mesin Pembekuan : Air Blast Freezing (ABF) – Fungsi Dari Kompresor !!

Bagikan ke

Halo Sahabat Sehat!

Kita lanjutkan pembahasan mengenai mesin pembeku Air Blast Freezing (ABF). Kali ini kita akan membahas satu per satu bagian-bagian dari mesin pembeku ABF.

Salah satu komponen utama dari mesin ABF dan mesin pendingin pada umumnya adalah kompresor.

Apa yang menjadi fungsi utama dari mesin kompresor?. Kompresor, atau bisa disebut juga sebagai mesin pompa hisap-tekan memiliki tugas utama mempertahankan perbedaan tekanan dalam sitem. Sehingga media pendingin, atau refrigerant, dapat mengalir ke seluruh sistem pendingin. Sistem kerjanya adalah dengan mengubah tekanan sehingga berpindah dari sisi bertekanan tinggi ke sisi bertekanan lebih rendah. Semakin tinggi temperatur yang dipompakan semakin besar tenaga yang dikeluarkan oleh kompresor. Pada saat yang sama kompresor menghisap uap refrigerant yang bertekanan rendah dari evaporator dan mengkompresinya menjadi uap bertekanan tinggi sehingga uap akan tersirkulasi.

Kebanyakan kompresor yang dipakai saat ini adalah jenis torak. Ketika torak bergerak turun dalam silinder, katup hisap terbuka dan uap refrigerant masuk dari saluran hisap ke dalam silinder. Pada saat torak bergerak ke atas, tekanan uap di dalam silinder meningkat dan katup hisap menutup, sedangkan katup tekan akan terbuka dan uap refrigerant akan keluar dari silinder melalui saluran tekan menuju ke kondensor.

Nah, Sahabat Sehat, itulah tugas utama kompresor di mesin pembeku ABF. Ibarat kata tubuh manusia, kompresor merupakan jantungnya dari sistem pembekuan dan atau pendinginan.

Oke Sahabat Sehat, kita akan lanjutkan komponen utama lainnya dari mesin ABF dalam artikel selanjutnya. Tetap pantengin aktikel-artikel menarik di Web kami.

Salam Sehat!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *